TENTANG HATI

Ada kontroversi tentang di mana letak akal. Di dalam kepala (otak) atau di dalam dada (Hati). Saya lebih setuju bahwa akal ada di dalam Hati. Karena sebenarnya Hati-lah yang memimpin tubuh. Otak hanyalah pusat kendali motorik dan tempat penyimpanan-pengolahan data, tapi otak tidak bisa mengambil keputusan dengan bijak. Hati-lah yang menuntun Otak dalam pengambilan keputusan.

16 thoughts on “TENTANG HATI

  1. saya lebih cenderung menyatukan pikiran, hati & jiwa hingga bersinergi optimal dalam perspektif horisontal dan vertikal sekaligus.. ^_^

  2. salam kenal dari cantigi™
    Salam IBSN..
    Let’s make this life more meaningful by sharing – every little thing we can do, even it’s only a short sentence. And be a simple man…

  3. Assalamu’alaikum

    Salam kenal juga mas, persoalan antara akal dan hati memang kadang membuat kita confused sendiri. Mesti ada sebuah dialog yang panjang dan kajian yang mendalam tentang masalah ini. Pun begitu ini bukan lagi sebuah masalah kontemporer tetapi adalah masalah klasik, yang telah hadir dulu pada jaman kejayaan pemikiran Islam. Sekian lama setelah nabi Muhammad saw wafat. Dulu semejak waktu mu’allimien (sma) di pesantren dulu saya sempat membuat karya tulis mengenai antara akal dan wahyu (hati / intuisi), dan alhamdulillah ternyata jawaban itu mengalir begitu saja ketika kita memahami fungsi dari keduanya. Akal dan hati, ya.. itulah yang membedakan antara manusia dan hewan lainnya. Kalo perlu insya Allah ana posting di blog, memang sangat asyik ketika kita membahas hal tersebut, karena ada beberapa misteri yang menyelimutinya, padalah poin yang dapat kita dapat hanya satu atas kebimbangan mengenai keduanya tersebut. Wallahu ‘alam.

    Saya bersyukur karena ciri-ciri ulil albab (Q.S. Ali Imron: 7) ada. Semakin berfikir manusia akan bekal (akal dan hati) yang ia bawa, maka semakin bermaknalah dia di dunia ini. Semua itu saya rasa mas sedang mengalaminya.

    Akal & Hati?

    Wassalam.

    [nmd]Semoga mas Ramdani juga selalu mendapatkan berkah dan semakin bermakna

  4. assalamu’alaikum ^^ kunjungan balik pak, salam kenal.
    wah tergantung, yg mana yg anda maksud (kurang detil sih:mrgreen: apa nafs? ruh? aql? qalb? *ditimpuk kamus oxford krn sok tau* )

    salam damai pak, just kidding ^^

    [nmd]TErima kasih kunjungan baliknya mbak Nurma…

  5. saya lebih senang menjaga keduanya tetap seimbang antara isi kepala dan suara dihati karena dengan keseimbangan inilah akan muncul kesadaran yang paling utama untuk mencerahkan kembali wajah dunia kita masing masing….

    salam…

    dunianyawira

    [nmd]Terima kasih kunjungan dan komentarnya 🙂

  6. Assalamualaikum…
    Mampir yo Mas…
    Waah bicara akal… neh? Kalo menurut saya sih yang namanya akal tidak berada di mana2…
    Bahkan otak adalah salah satu komponen/unsur akal….
    akal adalah pencerapan suatu objek ke dalam otak dengan panca indera dan mengkaitkannya dengan ilmu yang dimiliki. Sehingga dalam proses berfikir memerlukan empat unsur, pertama benda/masalah itu sendiri sebagai objek berfikir, panca indera yang berfungsi mencerap objek ke dalam otak, ma’lumat tsabiqoh (ilmu yang dimiliki), dan otak itu sendiri.
    Misal kita ingin membuktikan hal yang sederhana aja…..manisnya benda yang kita hadapi adalah gula ato bukan.

    Yang pertama tentu harus ada bendanya sebagai objek yang akan kita pikirkan, kedua panca indera kita, yaitu lidah untuk merasakan bagaimana rasa benda tersebut, manis ato tidak, yang ketiga ada informasi yang sudah kita miliki rasa manis itu seperti apa, dan yang terakhir otak untuk mengolah/ mengkaitkan informasi dan fakta yang kita hadapi. Maka kita akan menyimpulkan/membuktikan bahwa benda tersebut gula ato bukan…

    he he….monggo as

    [nmd]Terima kasih kunjungan dan komentarnya mas…Menjadi tambahan bahan renungan

  7. menurut saya aqal dan hati tempatnya berbeda
    aqal untuk berphikir berada di otak dan Rasa ada di hati

    eksperimen saya dengan narkoba^^
    saat serotonin zat yg meracuni tubuh itu bekerja
    aliran darah ke otak terganggu
    sehingga otak tidak bisa buat berpikir
    saat itulah aqal sama sekali tidak bekerja

    tapi di situlah kutemukan rasa
    rasa yang murni tidak di campuri aqal sehat
    bahagia yg bener2 bahagia
    sedih yg tak bisa di bendung ^^

    dari sebuah dosa ku temukan hati/rasa
    smoga Tuhan mengampuni saya

    [nmd]Amin…Semoga Tuhan Yang Mahapengampun mengampuni kita semua

  8. masalah hati atau otak dak penting dalam mengerjakan sesuatu. yanglebih penting KITA HARUS HATI~HATI JIKA MAIN API

  9. .: Kunjungan balik dari semut…. buat semut akal dan hati adalah dua hal yang berbeda dan saling melengkapi. Akal menentukan rasionalitas sesuatu, sedang hati melengkapinya dengan emosionalitas. Uniknya… keduanya kadang suka bertentangan. Sehingga kita sering diminta untuk mengikuti salah satunya…. Hebatnya….. ! :.

  10. Kalau boleh saya memberikan pendapat:

    Pikiran (akal) adalah senjata paling ampuh yang dimilki manusia. Kekuatan itu tidak ada ukurannya, bahkan sangat Maha Dahsyat (kalau boleh dibilang seperti itu). Kekuatan itu tidak terkira. Akan tetapi kekuatan yang sangat hebat sungguh susah untuk mengontrolnya.
    Karena itu ada hati, yang bisa memberikan kita kemampuan untuk mengontrol pikiran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s