Arah Datangnya Rizqi Tidak Terduga

“Pak Dian jam berapa sampai rumah bu?”

Salah seorang teman memastikan aku bisa ditemui di rumah. Sudah beberapa hari dia berusaha bertemu aku di rumah, tetapi selalu gagal karena aku selalu pulang larut malam. Akhirnya kami bisa bertemu di rumah pada hari minggu malam, bada Maghrib.

”Pak Dian saya mau mengembalikan uang yang saya pinjam, berapa ya pak? Maaf pak karena terlalu lama saya lupa”

”Wah saya juga lupa pak” Aku memang lupa jumlah uang yang dipinjam temanku karena jumlahnya tidak seberapa. Dan aku sebenarnya juga sudah mengikhlaskan uang tersebut. Tetapi aku harus menghargai temanku, yang mungkin bagi dia adalah sebuah kehormatan bisa melunasi pinjamannya.

Akhirnya kami menyepakati sejumlah uang yang aku pinjamkan.

Setelah uang kuterima, sekali lagi aku memastikan bahwa pembayaran pinjaman ini tidak memberatkannya. Dia menyampaikan agar aku tidak khawatir karena dia sudah mendapatkan rezeki yang sangat besar. Aku mengira rezeki yang dia dapatkan maksimal lima kali lipat jumlah pinjamannya.

Sekedar basa-basi,untuk menghargainya, dan untuk menunjukkan kepadanya bahwa pembayaran pinjamannya sangat berarti bagiku, aku menyampaikan bahwa aku memang sedang membutuhkan uang untuk membayar uang muka ONH agar bisa pesan nomor.

”Kalau memang pak Dian membutuhkan segera uang sejumlah itu, saya punya pak. Pakai pak Dian saja dulu uang saya”

Aku terdiam, terkejut. Betapa aku telah meremehkan kekuasaan ALLOH dalam membagikan rizqi kepada umatnya. Betapa aku memandang rendah temanku, menganggap tidak mungkin memiliki uang dalam jumlah besar. Padahal beberapa hari terakhir aku menghubungi teman-teman yang kuanggap mempunyai kesanggupan secara materi membantuku, tetapi tidak ada seorangpun bersedia membantuku. Dan tidak terpikir sedikitpun di benakku, temanku yang meminjam uangku yang tidak seberapa dalam waktu lama akan sanggup dan bersedia membantuku.

Peristiwa ini benar-benar menyadarkanku, dan menguatkan keyakinanku bahwa ALLOH MAHA KAYA.

One thought on “Arah Datangnya Rizqi Tidak Terduga

Tinggalkan Balasan

