Permasalahan sosial di Indonesia

Permasalanan sosial di Indonesia sangat banyak .contoh dari permasalahan sosial tersebut adalah:
• Kemiskinan
• Tingkat pendidikan rendah
• Tindakan kriminal
• Pengangguran

Apa penyebab dari semua permasalahan itu ? banyak sekali penyebabnya.

o kemiskinan:
Penyebab :

1. banyaknya pengangguran
2. kebutuuhan pokok mahal

Imbas:

 tingkat pendidikan rendah.

o Tingkat pendidikan rendah :
Penyebab:
Kemiskinan ( banyak orang miskin tidak bisa menyekolahkan anaknya)
Imbas:
Banyak pengangguran

o Tindakan kriminal:

Penyebab:
Kemiskinan (tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga melakukan tindakan kriminal berupa mencuri / merampok ).

Imbas:
Banyak yang dirugikan.
Contoh:mencuri, merampok, penipuan, dan lain-lain

o Pengangguran:
Penyebab:
1. tingkat pendidikan rendah
2. tidak seimbang antara lapangan kerja dengan warga usia produktif.

Imbas:
Kemiskinan.

Dan jika semua masalah sosial tersebut ingin diselesaikan. Maka yang pertama dibenahi adalah pendidikan karena tingkat pendidikan rendah adalah masalah utama sehingga mempengaruhimasalah lainnya.

43 thoughts on “Permasalahan sosial di Indonesia

  1. jika pndidikn mnjadi masalah utama, mngapa bnyk yg tdk bs brsekolah, jd mslh utamany adlh ekonomi dan usaha pmerintah yg blm maksimal..

  2. Allah maha pemurah dgn menyediakan lahan untuk digarap. Masalahnya yang mau garap gak punya lahan dan yang punya lahan gak mau garap. Ada yang mau garap tetapi orang asing. Selanjutnya … tau ah pusink.

  3. Salah satu permasalahan sosial adalah demo para buruh pabrik. Bisa aje tejadi karna timbul kesalahpahaman & perasaan kurang dipelakukan dengan baek oleh pemilik perusahaan. Dan muncul karena buruh merasa tidak puas dengan upah nan mereka terime. Demo sebenanya tak harus tejadi seandainye ade komunikasi nan baek antare pihak pemilik dan buruh pabrik. Demo hanye akan menyebakkan kerugian bagi semue pihak nan terlibad.
    Permasalahan sosial adalah suatu kejadian, kondisi, pade lingkungan society ( sosial ) nan bepengaruh tehadap keseimbangan kehidupan di masyarakad. Misal, dengan dibangun pusad-pusad industri & petumbuhan industri bise menyerap tenage keja. Tapi, kana banyak orang nan menganggur di Indonesia, tenage kerja nan dapak bekeja tidak maksimal. Langkah nan harus ditempuh antare lain, berupaye membuak lapangan kerja. Menciptekan lapangan pekejaan diharapkan dapak meningkadkan pendapatan masyarakad & tingkad kehidupan nan lebih baek.

  4. BANYAK SEKALI YA MASALAH SOSIAL DI INDONESIA SEPERTI:
    1.KEMISKINAN
    2.PENGANGGURAN DAN JUGA
    3.MASALAH EKONOMI
    DAN JUGA SAYA HARUS BEKERJA KERAS AGAR TIDAK MENJADI ORANG YANG BERPENGANGGURAN

  5. Anak putus sekolah juga pasti ada sebabnya. Faktor keluarga dan lingkungan sangat mempengaruhi hal tersebut. Kembali lagi semua ini disebabkan oleh pendidikan non formal yang telah didapat sebelumnya.

  6. Ping-balik: permasalahan sosial « ratnagepe

  7. saya bersumpah..
    saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu sesama…
    mari kita semua berbahagia bersama sama

  8. aku bersumpah akan membantu orang-orang yang tidak mampu

    aku juga harus menjaga di lingkunganku supaya tidak terjadi permasalahantan indonesia harus terhindar dari permasalahantan sosial indonesia harus maju memperkuat lagi kesatuan indonesia

    HIDUP INDONESIA KU MERDEKA

  9. Menurut saya..masalah sosial disebaban oleh beberapa faktor yaitu…A. Pasangan suami istri melahirkan banyak anak tanpa berfikir dahulu sebelum berbuat tentang bagaimana masa depan anak itu sendiri dan bila sudah melahirjkan ana..banyak akan menyebabkan masalah yaitu menyusahkan orang lain dan anak2 itu terlantar/terbengkalai…dan bila sudah besar jadi sampah masyarakat,pengangguran…B. Tidak ada kesadaran pada diri sendiri dan ilmu pengetahuan tentang dasar2 nilai hidup yang baik karena individu itu sendiri yang tidak mau berusaha mencari tau untuk mendapatkan ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya. C.

  10. C. Tidak ada kerja sama sesama individu,,masing2 mau menang sendiri dalam artian tidak ada timbang rasa sesama manusia dan selalu berfikiran negatif bila individu lain sukses…tapi harus diganti bagaimana orang lain bisa sukses dan kita mungkin bisa belajar dari pengalaman orang2 yang sukses . D.Pendidikan bisa baik dan berkualiti tinggi apa bila ada individu2 yang bijak dan profesional bersedia menyumbangkan kemahiran dan kerjasama untuk membantu generasi muda untuk sukses dan maju seperti bangsa2 lain..dan harus ada pengkajiansecara teliti tentang mata pelajaran yang diberikan kepada murid2. D.Masyrakat tidak banyak yang suka membaca terutama buku2 yang baik dan bermanfaat..tapi yang dibaca mala majalah2 hiburan dan nonton film dan semua hiburan itu tidak mendatangkan manfaat apa2 terhadap individu itu sendiri..tapi malah akan merugikan diri sendiri…jadi jangan salahkan orang lain kenapa individu itu tidak sukses dan jadi sampah masyarakat(pengangguran) E. Banyak Individu yang tidak dapat menggunakan waktunya dengan sebaik2 nya seperti( MALAS,SENANG2( NONGKRONG ),KERJA SUSAH SEDIKIT UDAH MENGELUH,BILA BEKERJA TERLALU LAMBAT TIDAK CEKAP). F. Banyak individu yang tidak beramanah/bertanggung jawab baik pada diri sendiri atau pun orang lain .G. Masalah Ekonomi disebabkan para pedagang banyak yang tamak dengan menaikan harga yang tidak sesuai hanya demi keuntungan untuk pribadi yang diinginkan dan Pemerinatah tidak ada kesadaran untuk membantu RAKYAT tapi membantu dirisendiri,keluarganya dan konco-konconya. sekian itu saja yang bisa saya utarakan ……

  11. menurut saya yang pertama harus d benahi adalah kememiskinan……
    pemerintah harus meningkatkan pajak kpd para kolongmerat……
    dan mengalokasikannya dana yg d dapat dr pajak tsb scr tepat…..

  12. jaddi pada intinya indonesia sangat sulit untuk keluar dari lingkaran setan tersebut.. walaupun sudah ada pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah, namun tetap faktor yang terpenting adalah dukungan dari lingkungan.

  13. preidenya..gak masalah tapi orang yang dibelakang presiden itu yang berbahaya..dan menggunakan prediden sbg boneka mainan…

  14. kemarin adalah suatu fakta yang saya lihat dari salah satu permasalahan rakyat Indonesia, ketika sepasang suami istri yang sudah berumur lebih dari setengah abad berobat ke Bukittinggi dari kampunya yang jauh dan mesti menebus obat. harga obat tersebut Rp240.000 dan itu satu jenis obat untuk 15 hari. namun sang istri meminta obat yang murah kepada apoteker karena tidak mempunyai uang untuk menebus obat itu. namun obat itu harus diambil untuk sang suami, mereka berunding dan akhirnya mengambil obat tersebut hanya beberapa butir.

  15. sebagai sebuah negara yang di kategorikan negara berkembang,kita hendaknya mengusahakan/membenahi masalah ini dari tingkat pendidikan.sehingga dapat membangun kategori lainya lebih maju dan berkembang.

  16. Begitu banyaknya permasalahan sosial yang terjadi.
    Yang menjadi pertanyaan, dari mana kita harus memulai?
    Pendidikan kah? (Jika dimulai dari pendidikan, apa yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya?)
    Harus dimulai dari mana?
    Mohon jawabanya.
    Trimakasih..

  17. 1.apa yang bisa kita lakukan masalah kemiskinan di indonesia ?
    2.diskusi apa yang harus kita lakukan dengan masalah kemiskina tersebut?
    3. solusi apa yang harus kita tanganin dengan masalah kemiskinan di indonesia?

  18. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah kemiskinan :

    1. Berhenti Korupsi mulai dari hal yang terkecil sampai ke hal yang terbesar.
    2. Harus jujur pada diri sendri juga kepda orang lain…dengan begini dapat
    mendidik masyarakat untuk bertanggung jawab kepada setiap pekerjaan yang
    dilakukan.
    3.tingkatkan pendidikan MORAL YANG BAIK dan PENDIDIKAN AKADEMIK yang
    dapat menunjang kemajuan Individu,Masyarakat,Bangsa
    4.Harus belajar banyak daripada Negara2 yang Maju dari segi Technology,
    Kontrol keuangan,Ekonomi,Keamanan,Undang2 /hukum2 yang baik,penyusunan
    kota…dan lain2…
    5. Harus belajar berdisiplin dari segi menggunakan waktu,tenaga dan keuangan.
    caranya..ya harus ada latihan setiap hari sampai menghasilkan pencapain yang
    sempurna.

    Jika kita berusaha sungguh2 untuk melakukan 5 prinsip ini….saya yakin negara Indonesia akan maju…..masyarakat harus ada kerja sama antara satu sama yang lainya….Masyarakat harus bersatu….

  19. memang sulit untuk menentukan apa yang menjadi akar masalah ini semua..
    ada yang mengatakan masalahnya, karna masyarakat indonesia itu bodoh karna tidak berpendidikan. ada yang mengatakan yang mengatakan krna miskin, sehingga tidak bisa sekolah akhirnya kembali kebodoh lagi dan jadi miskin lagi. ada juga yang karna malas sehingga jadi bodoh, apa benar seperti itu? saya rasa itu pun bukanlah tuduhan yang tepat untuk rakyat indonesia tercinta ini. faktanya mereka bekerja dengan sangat keras bahkan lupa waktu akan waktu tidurnya. mereka bodoh karna tidk berpendidikan, mengapa? krna pendikan mahal. klaupun murah pasti tidk berkualitas. pajak naik,bbm naik,sembako naik. smuanya menjadi mahal. bgmana bsa memikirkan pendidikan, qt bisa hidp miskin saja sudah alhamdulilah banget. jagankan mikirkan pendidikan, mikirin kebutuhan pokok aja uda susah. lantas apa masalhnya? ekonomi ya, pendidikan ap lagi! pokonya semuanya bermasalah sampai akhirnya moral pun terbawas2.
    ternyata inti permasalhnya bukan itu, tapi, karna semua sumber kekayaan alam kita di kuasai oleh asing sehingga walaupun kita mati2an bekerja sekolah tinggi, itu tidak akan ada efeknya bagi bangsa ini. kok bgitu? iyalah orang kita hanya akan jadi buru di negeri kita sndiri. asing menguasai dengan sebebas2nya kekayaan negeri ini, karna pemerintah mengijinkanya. knpa? karana sistem tidak melarang itu. namanya juga demokrasi…. semua di bebaskan.

  20. apa lagi sistem yang kita anut adalh sistem kapitelisme sekulerisme demokrasi. yang selalu berpihak pada untung dan rugi, bukan halal dan haram. yang penting untung pasti di izinkan. nah seperti itulah kerusakan negeri ini. kemisikinan makin bertembah dan yang kaya makin sedikit tapi semakin kaya. akhirnya asing menguasai kekayaan alam dengan mendapat izin dari penguasa dan yang menikmatinya itu hanyalah mereka yang ada di kursi pemerintahan dan mereka yang selalu mengkeruh isi alam ini.
    langsung solusi saja ya,,, karna saya rasa semua rekan2 sudah cukup mengerti dengan itu smw. jadi solusinya adalh, keluarkan mereka yang membawa “kerusakn” di nengeri ini, dengan cara merubah sistem yang ada sekarang dngan sistem yg membuwt mereka tidk punya peluang untuk menguasai kekayaan kita kecuali hanya sebagai buruh, yaitu sistem sayariah islam!!

  21. SMua maslah ne terjdi krn sistem pemerintahan yang tidk memihk pda rakyt kecil, kt_a ja negra demokrasi dari rkyat untuk rakya, tpi yg mnikmti hasil_a yea para pejabat2 ja…tuk pa pajak di naikkan, BBM, jga dinaikkan itu smua kan hsil_a nti tuk knaikan gaji pejabat……yg sengsara tetp rakyat kcil,…sudah hidup_a susah tambah ditekn ge, klo sistem_a sperti ini sy yakin smpek dunia kiamat indonesia ttp tdk akn mnjdi ngar maju…

  22. masalah sosial sesuatu yang lumrah dan wajar apabila masyarakat indonesia belum memntingkan pendidikan

  23. jika kita berpandangan bahwa semuanya di mulai dari bidang ekonomi saja, brarti kita mengganggap bahwa masalah sosial adalah ampas atau residual dari peningkatan bidang ekonomi. nyatanya masalah sosial berdampak pula pada aspek yg lain bukan?
    coba pola pikir kita dibalik, jika masalah sosial merupakan maincase yg harus diselesaikan dan mendapat perhatian besar (jika dibandingkan dengan kementrian lain, kemensos mendapat anggaran yang terbilang kurang). pembangunan sosial di indonesia harus dimulai sejak dini, diiringin dengan pembangunan dibidang lain seperti ekonomi dan struktural.
    -salam peksos-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s